Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

Setelah membaca artikel ini Anda mungkin akan terkejut apabila mengetahui berbagai manfaat kulit pisang. Sebelum Anda membuang kulit pisang, Anda sebaiknya baca terlebih dahulu manfaat-manfaatnya untuk kesehatan.

Dalam kehidupan sehari-hari pisang hanya kita manfaatkan isi dari buahnya saja, sementara kulitnya kita buang begitu saja. Perlu untuk kita ketahui, banyak hewan terutama primata memakan buah ini seutuhnya termasuk kulitnya, bukan karena mereka tidak bisa mengupas namun karena mereka memang membutuhkannya. Tidak hanya primata, banyak suku adat di afrika yang memakan pisang seutuhnya.

Kulit pisang mengandung banyak nutrisi dan karbohidrat, kulit pisang juga mengandung vitamin B6, B12, magnesium dan potasium. Kandungan gula pada kulit pisang bertambah saat ia menghitam.

Apa Sajakah Manfaat Kulit pisang bagi Kesehatan?

Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

Kulit pisang dapat kita makan mentah-mentah. Namun banyak juga olahan makanan yang dapat kita buat dari kulit buah ini. Mari kita lihat berbagai manfaat yang diberikan oleh tuhan kepada kita melalui kulit pisang.

Memutihkan Gigi

Menggosok gigi dengan kulit pisang setiap hari dlam kurun waktu seminggu dapat membuat gigikita terlihat lebih putih.

Menyamarkan Kutil

Manfaat Kulit pisang yang lain adalah dapat menyamarkan kutil dan mencegahnya tumbuh kembali, caranya mudah, usapkan kulit pisang ke daerah yang diinginkan dan diamkanlah semalam.

Sebagai Makanan Sehat

Manfaat kulit pisang juga bisa kita dapat dengan mengkonsumsinya, Anda dapat mencari resep yang lezat terutama resep dari india.

Penghilang Jerawat

Anda juga dapat memanfaatkan kulit pisang sebagai obat jerawat. Caranya adalah dengan mengoleskan kulit pisang ke wajah dan tubuh Anda selama lima menit, hal tersebut dapat menyembuhkan jerawat. Dalam kurun waktu seminggu Anda akan melihat perubahannya, untuk lebih baiknya, gunakan cara ini hingga jerawat bersih.

Mengurangi Kerutan

Kulit pisang dapat membantu menjaga kelembaban kulit Anda. Untuk menggunakan kulit pisang sebagai pelembab adalah dengan mencampurkann kulit pisang yang sudah dihaluskan dengan kuning telur. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan kurang lebih 6 menit, lalu bershkan.

Sebagai Pereda Nyeri

Gunakan kulit pisang pada bagian yang sakit. Agar leboh efektif, campurkan juga dengan minyak nabati.

Obat Gigitan Serangga

Sama seperti yang lain, gunakan kulit pisang untuk memijat bagian yang di gigit oleh serangga seperti nyamuk.

Mencerahkan Sepatu Kulit dan Perak

Gosokkan kulit pisang pada sepatu kulit ataupun perak, maka keduanya akan terlihat lebih berkilau secara instan.

Melindungi Mata dari Sinar Ultra Violet

Kulit pisang dapat membantu melindungi mata dari bahaya sinar ultra violet, buah ini mengandung antioksidan yaitu lutein, zat ini sangat berguna untuk mengurangi pancaran radioaktif dan radikal bebas yang dapat membahayakan berbagai organ tubuh manusia, seperti kulit dan mata. Pastikan Anda menggunakannya beberapa menit sebelum Anda berpapasan dengan sinar matahari, hal ini juga bertujuan untuk mencegah katarak.

Mengurangi Berat Badan

Di dalam buah pisang dan kulitnya terkandung serat yang sanyat tinggi. Hal ini dapat membantu melawan kolestrol jahat.

Tips Penting

Gunakanlah pisang yang masih segar untuk hasil yang memuasakan

  • Jangan pernah meniinggalkan pisang yang telah dikupas dalam jangka waktu yang lama. Makanlah pisang setelah dikupas, dan juga apabila ingin menggunakan kupit pisangnya, maka gunakanlah setelah pisang itu dikupas. pisang yang telah dikupas sangat rawan terkena bakteri.
  • simpan pisang dalam ruangan sejuk, kering, dan hindarkan dari sinar matahari langsung, kecuali pisang yang masih ada di pohon.
  • Jangan pernah mesimpan kulit pisang dalam lemari pendingain.
  • Dan yang terakhir, jangan membuang kulit pisang sembarangan, karena dapat membahayakan keselamatan orang lain.

Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

taspremium