Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Buah zaitun tumbuh sejak 8000 thn yang lalu khususnya di daerah mediterania. Buah zaitun biasa dikonsumsi sebagai salad. Sejak zaman dahulu pula telah diketahui banyaknya khasiat minyak zaitun, terutama untuk kesehatan.

Para peneliti telah melakukan penelitian dan telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi minyak zaitun dapat memperpanjang usia. Seperti pada masyarakat Al Bania, walaupun mereka termasuk dalam golongan kekurangan, namun karena masyarakat disana banyak yang mengkonsumsinya, sehingga membuat rata-rata usia mereka melebihi rata-rata usia orang dia benua eropa. Ini membuktikan bahwa khasiat minyak zaitun sangat baik bagi kesehatan manusia.

Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Kanker

Zat fitonutrien dalam minyak zaitun berperan seperti ibuprofen, yaitu mengurangai peradangan dan bisa menurunkan resiko terkena penyakit kanker payudara dan tumbuhnya kembali penyakit ini. Squelin dan lignan, zat terkandung didalamnya, saat ini sedang di teliti oleh para ilmuan tentang efeknya terhadap penyakit kanker.

Pengakit Jantung

Minyak zaitun juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Walaupun begitu, minyak zaitun tidak akan mempengaruhi HDL-kolestrol. Minyak zaitun juga berperan sebagai pelindung dan sebagai pencegah penyebaran lemak jahat dalam darah.

Over O2

Minyak zaitun kaya akan antioksida, terutama vitamin E. Hal ini sangat berguna untuk meminimalisir terjadinya kangker. Berbeda dengan minyak nabati lain, minyak zaitun memiliki kandungan lemak tunggal tak jenuh yang tinggi, lemak tersebut adalah salah satu jenis lemak yang tidak dapat ter-oksidasi didalam tubuh, selain itu minyak zaitun hanya memiliki sedikit kandungan lemak tunggal tak ganda, yaitu yang mudah ter-oksidasi.

Tekanan Darah

Khasiat minyak zaitun yang lin adalah memperbaiki tekanan darah. Penelitian terkini menunjukan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun bisa menstabilkan tekanan dalam darah.

Diabetes

Telah terbukti mengkonsumsi minyak zaitun, dan memakanan makanan yang rendah lemak, kaya karboidrat, serat, buah, sayur, dan kacang-kacangan adalah cara paling efektif untuk mengobati penyakit diabetes. Sebuah penelitian di Spanyol terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Diabetes Care menunjukkan bahwa minyak zaitun mengurangi risiko diabetes tipe II hingga 50 persen dibandingkan dengan diet rendah lemak.

Obesitas

Meskipun mengandung banyak kalori, namun minyak zaitun telah terbukti dapat menurunkan obesitas.

Arthritis Rheumatoid

Meskipun alasannya masih belum sepenuhnya jelas, studi terbaru telah membuktikan bahwa orang-orang yang menggunakan minyak zaitun, mereka akan memiliki kemungkinan lebih kecil mempunyai penyakit rheumatoid arthritis.

Osteoporosis

Mengkonsumsi minyak zaitun dalam jumlah yang tinggi dapat membantu menambah zat mineral dan kalsium dalam tulang. Minyak zaitun berperan penting dalam penyerapan kalsium, sehingga dapat mencegah penyakit osteoporosis.

Stroke

Dalam sebuah penelitian yang diadakan di Prancis, mengkonsumsi minyak zaitun bisa mengurangi resiko terkena penyakit sroke. Penelitian ini adalah bagian dari penelitian Tiga-Kota, yaitu sebuah studi multicenter berkelanjutan tentang faktor risiko vaskular untuk demensia, diterbitkan oleh Neurology dalam edisi onlinenya. Para peneliti mengumpulkan informasi dari catatan medis 7.625 orang di atas usia 65 dari tiga kota di Prancis, yaitu Bordeaux, Dijon dan Montpellier. Tak satu pun dari peserta yang pernah memiliki stroke. Mereka kemudian dikategorikan menjadi tiga kelompok berdasarkan konsumsi minyak zaitun. Para peneliti mencatat bahwa peserta menggunakan minyak zaitun yaitu extra virgin, karena itu jenis itu yang biasa tersedia di Prancis. Setelah 5 tahun penelitian, ada 148 yang terserang penyakit stroke. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “intensif” pengguna minyak zaitun, mereka yang digunakan untuk kedua memasak dan dressing memiliki risiko 41% lebih rendah terkena stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan minyak zaitun sama sekali.

Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak zaitun dapat memperlambat penuaan jantung. Fakta membuktikan bahwa saat kita beranjak tua, jantung akan terus melemah. Arteri jantung tidak dapat berfungsi secara normal, dan hal ini dapat menyebabkan sejumlah masalah pada kesehatan. Namun, dalam studi terbarunya, para peneliti Spanyol menemukan bahwa minyak zaitun atau lemak tak jenuh tunggal lainnya dapat meningkatkan fungsi arteri pada lansia.

Mengurangi Depresi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa minyak zaitun memberi banyak manfaat kesehatan. Tapi bagaimana manfaatnya terhadap kesehatan emosional, peneliti dari Universitas Navarra dan Las Palmas de Gran Canaria, minyak zaitun dapat melindungi dari penyakit mental.

Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

taspremium