Ibu Hamil Dilarang Menggunakan Pemutih Wajah

Ibu Hamil Dilarang Menggunakan Pemutih Wajah

Sepertinya penggunaan pemutih wajah tidak hanya trend di kalangan wanita single untuk menarik lawan jenis. Tapi juga wanita hamil yang seharusnya tidak perlu menggunakan cream pemutih untuk membuat dirinya menarik. Karena secara logika wanita hamil sudah memiliki pasangan dan alasan yang paling penting adalah pengunaan crem pemutih akan mengancam kesehatan ibu dan janin.

Karena obat pemutih yang digunakan tidak hanya berbentuk cream tapi juga kapsul. Bahkan beberapa di antaranya terdapat produk yang dikhususkan untuk ibu hamil. Produk tersebut menyebutkan bahwa kualitas aman dan tidak menimbulkan efek samping. Tapi sangat kontras dengan fakta yang ada karena pada kemasan produk tidak terdapat nomor BPOM.

Ibu Hamil Dilarang Menggunakan Pemutih Wajah

Berikut adalah beberapa dampak negatif pada ibu hamil jika menggunakan produk kecantikan pemutih :

Merusak saraf janin

Jika produk pemutih yang digunakan mengandung merkuri, yakni bahan utama yang digunakan untuk mengubah warna kulit maka dapat merusak saraf. Karena sifat dari bahan ini sangat keras dan bisa menembus plasenta.

Kelumpuhan janin

Janin yang dilahirkan bisa saja cacat atau mengalami kelumpuhan janin jika pada produk pemutih wajah yang digunakan mengandung retinoid.

Bercak merah dan flek kulit

Tidak hanya kulit wajah ibu hamil yang akan mengalami gangguan kesehatan tapi juga kulit bayi. Apabila cream atau obat pemutih menggunakan hydroquenion dan digunakan dalam waktu yang sering, maka bisa menimbulkan flek pada wajah ibu hamil. Demikian juga dengan kulit janin yang di kandung.

Sebaiknya, ibu hamil membatasi penggunaan bahan-bahan kimia, termasuk produk kecantikan saat hamil. Jika ingin tetap tampil cantik, ibu hamil bisa mengguanakan masker yang dibuat dari bahan-bahan alami dan diracik sendiri.

Ibu Hamil Dilarang Menggunakan Pemutih Wajah

taspremium