Cara Mencegah Jerawat Datang Kembali

Cara Mencegah Jerawat Datang Kembali

Secara umum jerawat adalah kondisi kulit meradang. Jerawat dapat terjadi pada semua kalangan dan usia, namun pada umumnya jerawat identik dengan remaja. Banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti pubertas.

Jerawat dapat diobati dengan berbagai cara, namun apabila tidak dijaga, maka kemungkinan jerawat tumbuh kembali sangatlah besar.

Mencegah Jerawat Datang Kembali

Cara Mencegah Jerawat Datang Kembali

Berkut adalah beberapa cara untuk mencegah jerawat tumbuh kembali.

Jaga Kebersihan Wajah

Untuk mencegah jerawat anda harus menjaga kebersihan wajah dengan air dan cream pembersih wajah minimal dua kali sehari, hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran, membuang sel kulit mati dan minyak berlebih pada wajah. Walapun begitu, membersihkan wajah dengan kuantitas berlebihan juga dinilai kurang baik untuk mencegah jerawat. Untuk membersihkan wajah, gunakanlah air hangat dan juga gunakan cream pembersih wajah yang sejuk dan lembut. Jangan gunakan pembersih bersifat keras seperti deodoran, hal tersebut dapat membuat iritasi pada kulit. Anda juga disarankan menggunakan handuk khusus untuk wajah.

Menggunakan Pelembab Wajah

Banyak produk krim jerawat mengandung zat yang dapat mengakibatkan kulit kita menjadi kering. jadi, gunakan selalu pelembab wajah. Carilah pelembab dengan label “noncomedogenic”, zat tersebut adalah zat anti jerawat. Ada tiga jenis cream pelembab, yaitu pelembab yang dikhususkan untuk kulit kering, kulit berminyak ataupun keduanya.

Hindari Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol sangatlah tidak baik bagi kesehatan. Menurut penelitian tembakau dan alkohol dapat juga menyebabkan radang pada kulit, atau jerawat. Apabila anda adalah perokok atau peminum, dan anda khawatir akan kesehatan, pertimbangkanlah untuk mengurangi kebiasaan tersebut apabila anda serius untuk mengubah perilaku sehat. Hal ini juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit, dan juga mencegah jerawat.

Coba Krim Pencegah Jerawat

Pada saat ini telah banyak Krim jerawat yang tidak memerlukan resep dari dokter spesialis untuk memakainya. Produk tersebut mungkin mengandung beberapa bahan seperti benzoil peroksida, asam salisilik, asam glikolik, ataupun asam laktik. Zat-zat tersebut berguna untuk membunuh bakteri namun juga membuat kulit anda kering. Mulalilah menggunakan krim tersebut dengan takaran yang kecil, kemudian dihari selanjutnya anda dapat mengira-ngira berapa banyak krim yang anda butuhkan. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif priksalah aturan pakai produk terlebih dahulu.

Gunakan Makeup Secukupnya

Hindarilah menggunakan makeup sepanjang hari, pilih produk kosmetik yang bebas minyak dan tidak menggunakan bahan kimia berlebih. Pilih makeup yang berlabel “noncomedogenic”.

Perhatikan Apa yang Ada Di Rambutmu

Hindarilah menggunakan parfum, minyak rambut, ataupun jelly untuk rambut. Apabila zat-zat tersebut mengenai wajah anda, maka dapat mengakibatkan pori-pori kulit wajah tertutup dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Gunakanlah sampo dan kondisioner yang lembut dan aman. Rambut yang berminyak dapat membuat wajah berminyak pula, jadi rutinlah membasuh rambut kepala, apalagi jika anda memiliki rambut yang panjang, jagalah agar tidak kontaklangsung dengan wajah.

Hindarilah Kontak Langsung Antara Tangan dan Wajah

Hindarilah kontak langsung antara tangan dan wajah. Hal ini dapat mengakibatkan menyebarnya bakteri dari tangan. Apabila anda yang telah memiliki jerawat, jangan pernah menyentuh jerawat dengan jari anda. Hal ini sangat berguna untuk mencegah penyebaran jerawat pada wajah.

Hindari Kontak Langsung dengan Matahari

Sinar ultraviolet dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan pada kulit. Meberapa obat jerawat mungkin akan membuat kulit anda menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, oleh sebab itu kurangilah kontak langsung dengan sinar matahari, terutama pada jam 10.00 sampai jam 14.00 siang. Apabila dibutuhkan, usahakanlah untuk menggunakan krim dengan kadar minimal SPF 30.

Beri Nutrisi Kulit Anda

Makanan yang baik bagi kulit seperti coklat, buah segar, dan sayur-sayuran. Terutama makanan yang tidak mengandung lemak jahat tidak hanya baik untuk diet, namun juga baik untuk mencegah jerawat.

Olahraga

Olahraga adalah kegiatan yang sangat baik, tidak hanya untuk tubuh kita, namun juga untuk kulit kita, hal ini baik untuk mencegah jerawat. Bersihkan badan setelah olahraga dengan mandi.

Cara Mencegah Jerawat Datang Kembali

taspremium